DENGAN SUMPAH PEMUDA KITA HARGAI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DENGAN BUDAYA DI INDONESIA

Haaaaiiiii semuanyaaaa!! Tepat pada tanggal 28 Oktober 2022 kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Nahh, SD Strada Budi Luhur 1 khususnya Kelas IVA, IVB, dan IVC memperingatinya dengan melaksanakan program P5.

Apa yaaa program P5 itu? Program P5 adalah “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”, dengan mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika. Siswa-siswa kelas IV memakai pakaian adat dari daerahnya masing-masing.

Ada yang dari Nusa Tenggara Timur, ada dari Sumatra Utara yang memakai Ulos, ada juga yang dari Nias, ada yang dari Yogyakarta memakai kebaya bagi yang perempuan serta yang laki-laki memakai sorjan, dan masih banyak lagi pakaian adat yang dipakai oleh siswa-siswi kelas IV.

Kegiatannya seruu lohh, setiap siswa-siswa naik ke atas panggung lalu memperkenalkan dirinya menggunakan bahasa dari daerah masing-masing. Kebanyakan siswa menggunakan bahasa batak karena mereka berasal dari Sumatra Utara, tapi ada juga yang menggunakan bahasa dari Nias, NTT, Jawa, Sunda, Betawi, bahkan ada loh yang menggunakan bahasa Melayu karena berasal dari Kalimantan. Selain memperkenalkan diri siswa-siswi juga menunjukan bakatnya dalam bidang kesesian yaitu menari. setiap perwakilan kelas menampilkan tarian daerah. Kelas IVA menampilkan Tarian Maumere yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, Kelas IVB menampilkan Tarian Sajojo yang berasal dari Papua, sedangkan Kelas IVC menampilkan Tarian Sinanggar Tulo dari Sumatra Utara.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Romo Odemus Bei Witono, SJ, M.M yang kerap disapa dengan Romo Bei, Bapak Robertus Tujo selaku Wadir Pendidikan dan Bapak Totok Sarwanto selaku Kepala Cabang Bekasi. Kehadiran beliau disambut oleh Tarian Sinanggar Tulo. Banyak pesan yang disampaikan oleh Romo Bei dalam kegiatan tersebut. Pesan yang paling diingat adalah “selain membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme, kita juga diharapkan mampu untuk turut andil dalam memajukan Bangsa Indonesia, menjadi penerus yang membanggakan” –

Salam AMDG

By Ambrosia Mitayani and Anastasia Herlyna

Sebarkan artikel ini